HUBUNGAN MINAT BACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Zita Amalia Putri, 1401417224 (2021) HUBUNGAN MINAT BACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417224 - Zita Amalia Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa terdapat masalah pada kemampuan membaca pemahaman, minat baca dan sumber belajar pada siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Siswa masih belum ada kesadaran akan pentingnya membaca buku, sehingga minat baca dan sumber belajar siswa masih belum maksimal menyebabkan kemampuan memahami suatu bacaan masih belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman, (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman, (3) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan sumber belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Brebes mulai dari bulan Desember 2020 sampai dengan Juni 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 139 siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika. Variabel dalam penelitian ini meliputi minat baca dan sumber belajar sebagai variabel bebas sedangkan kemampuan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,477 > 0,167 kategori cukup; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,656 > 0,167 kategori kuat; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan sumber belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman karena korelasi rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,680 > 0,167 kategori kuat. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan sumber belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Saran penelitian kepada guru dapat menumbuhkan sikap minat baca pada diri siswa dan memanfaatkan sumber belajar yang bervariasi sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa akan lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman; minat baca; sumber belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:23
Last Modified: 02 Nov 2022 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52496

Actions (login required)

View Item View Item