PENGARUH PENGETAHUAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017)


Dewi Ayuningrum, 7101417005 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017)] PDF (PENGARUH PENGETAHUAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Minat berwirausaha merupakan ketertarikan dan kesenangan seseorang terhadap suatu pekerjaan pada bidang kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam merencanakan, mengambil resiko, dan menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan e-commerce, locus of control, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha yang dimoderasi oleh self efficacy pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 sebanyak 845 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 271 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (3) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (4) self efficacy memoderasi hubungan antara pengetahuan ecommerce terhadap minat berwirausaha, (5) self efficacy tidak mampu memoderasi hubungan antara locus of control terhadap minat berwirausaha, (6) self efficacy memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan e-commerce, locus of control, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Self efficacy memoderasi hubungan antara pengetahuan e-commerce dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, tetapi self efficacy tidak mampu memoderasi hubungan antara locus of control terhadap minat berwirausaha. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pendidikan kewirausahaan yang telah ditempuhnya dengan cara memperbanyak jalinan komunikasi yang baik dengan siapapun agar memiliki banyak relasi dalam berwirausaha sehingga dapat membuka kesempatan kerja sama antar bisnis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pengetahuan E-commerce, Locus of Control, Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:55
Last Modified: 02 Nov 2022 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52494

Actions (login required)

View Item View Item