PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD NEGERI 1 JOHO BANJARNEGARA


Rizka Meidiana, 1401417223 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD NEGERI 1 JOHO BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417223 - rizka meidiana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan terkait sumber belajar dan bahan ajar dalam pembelajaran PPKn yang kurang lengkap. Guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik untuk mendorong semangat siswa belajar. Sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan buku tematik. Siswa membutuhkan sumber belajar baru untuk dapat mempermudah memahami materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian antara lain: (1) Mengembangkan buku ajar elektronik flipbook berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Kelas IV SDN 1 Joho Banjarnegara (2) Menguji kelayakan buku ajar elektronik flipbook berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Kelas IV SDN 1 Joho Banjarnegara (3) Menguji keefektifan buku ajar elektronik flipbook berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Kelas IV SDN 1 Joho Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar elektronik flipbook berbasis website berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Dinyatakan layak oleh validator ahli dengan persentase penilaian oleh ahli media sebesar 100% dan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 86,66%, serta mendapatkan tanggapan positif dengan persentase tanggapan guru sebesar 94,11% dan persentase tanggapan siswa sebesar 99%. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung (-4,917) < ttabel (-1,672) maka Ha diterima, dan peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,332 yang termasuk kategori sedang. Simpulan penelitian menunjukan bahwa buku ajar elektronik flipbook berbasis website berhasil dikembangkan, layak digunakan serta efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia. Saran pada penelitian selanjutnya yaitu dapat mengembangkan buku ajar elektronik flipbook berbasis website dengan memperbaiki tampilan desain dan mengembangkan buku ajar pada materi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku ajar; hasil belajar; PPKn; website
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:19
Last Modified: 02 Nov 2022 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52493

Actions (login required)

View Item View Item