DESAIN E-MODUL STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII


Nila Izzati Septiarani, 4001414026 (2021) DESAIN E-MODUL STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001414026 - nila izzati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keefektifan, serta respon user pada e-modul struktur bumi dan dinamikanya dengan model quantum learning. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Borg and Gall yang terdapat 10 langkah. Penelitian ini diawali dengan melakukan wawancara untuk menggali permasalahan pembelajaran yang ada di SMP N 2 Warureja, dimana dari hasil wawancara menyatakan bahwa sumber dan metode belajar yang di gunakan dalam pembelajaran terbatas sehingga peneliti mengembangkan sumber belajar berupa e�modul untuk dijadikan solusi dari permasalahan tersebut. E-modul struktur bumi dan dinamikanya dengan model quantum learning dilakukan validasi aspek materi, penyajian, serta bahasa oleh ahli. Rata-rata persentase hasil validasi materi, penyajian dan bahasa secara berturut-turut yaitu 90,28%, 91,67%, dan 86,11%. Langkah selanjutnya dilakukan uji skala kecil dengan menggunakan angket keterbacaan dan angket respons user. Rata-rata persentase hasil angket keterbacaan adalah 86,90%. Hasil angket respons user yaitu guru dan peserta didik mendapatkan respons yang positif dimana mendapatkan rata-rata skor secara berturut-turut 3,71 dan 3,3. Penggunaan validasi ahli dan angket keterbacaan adalah untuk menganalisis kelayakan e-modul sedangkan angket respons user digunakan menganalisis tanggapan guru dan peserta didik terhadap e-modul. Keefektifan e-modul dianalisis dengan menggunakan hasil belajar kognitif peserta didik dengan melihat ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil menunjukkan bahwa e-modul efektif karena seluruh peserta didik dapat mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Quantum Learning, Hasil Belajar Kognitif, Struktur Bumi dan Dinamikanya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:13
Last Modified: 02 Nov 2022 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52492

Actions (login required)

View Item View Item