DESAIN E-MODUL STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII
Nila Izzati Septiarani, 4001414026 (2021) DESAIN E-MODUL STRUKTUR BUMI DAN DINAMIKANYA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keefektifan, serta respon user pada e-modul struktur bumi dan dinamikanya dengan model quantum learning. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Borg and Gall yang terdapat 10 langkah. Penelitian ini diawali dengan melakukan wawancara untuk menggali permasalahan pembelajaran yang ada di SMP N 2 Warureja, dimana dari hasil wawancara menyatakan bahwa sumber dan metode belajar yang di gunakan dalam pembelajaran terbatas sehingga peneliti mengembangkan sumber belajar berupa e�modul untuk dijadikan solusi dari permasalahan tersebut. E-modul struktur bumi dan dinamikanya dengan model quantum learning dilakukan validasi aspek materi, penyajian, serta bahasa oleh ahli. Rata-rata persentase hasil validasi materi, penyajian dan bahasa secara berturut-turut yaitu 90,28%, 91,67%, dan 86,11%. Langkah selanjutnya dilakukan uji skala kecil dengan menggunakan angket keterbacaan dan angket respons user. Rata-rata persentase hasil angket keterbacaan adalah 86,90%. Hasil angket respons user yaitu guru dan peserta didik mendapatkan respons yang positif dimana mendapatkan rata-rata skor secara berturut-turut 3,71 dan 3,3. Penggunaan validasi ahli dan angket keterbacaan adalah untuk menganalisis kelayakan e-modul sedangkan angket respons user digunakan menganalisis tanggapan guru dan peserta didik terhadap e-modul. Keefektifan e-modul dianalisis dengan menggunakan hasil belajar kognitif peserta didik dengan melihat ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil menunjukkan bahwa e-modul efektif karena seluruh peserta didik dapat mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Quantum Learning, Hasil Belajar Kognitif, Struktur Bumi dan Dinamikanya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52492 |
Actions (login required)
View Item |