HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SUKOHARJO


Annisa Yunita Dwi Amalia, 1401417219 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417219 - ANNISA YUNITA DWI AMALIA v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi dan disiplin merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika setiap individu mempunyai tingkat motivasi dan disiplin yang baik maka akan baik pula hasil belajarnya, semakin baik tingkat motivasi dan disiplin maka hasil belajar akan semakin baik pula. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan yang positif dan signifikan motivasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Sukoharjo, (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Sukoharjo, (3) menguji hubungan yang positif dan signifikan motivasi dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,660 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 43,6%; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,695 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 48,3%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,703 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,4%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Sukoharjo. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; motivasi belajar; hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:06
Last Modified: 02 Nov 2022 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52490

Actions (login required)

View Item View Item