PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 1 BOJONG BANYUMAS


Audiya Lismayudhan, 1401417217 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 1 BOJONG BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417217 - Audiya Lismayudhan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa penggunaan sumber belajar pembelajaran bahasa Indonesia kurang bervariasi dimana guru cendurung menggunakan buku guru dan buka siswa, kurangnya media yang digunakan guru pada saat pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan teknologi yang kurang maksimal oleh guru. Selain itu keterampilan berbicara khususnya bercerita siswa masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari dokumentasi hasil belajar pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan bercerita ada peserta didik yang belum mencapai KKM. Dari jumlah peserta didik kelas IV SDN 1 Bojong sebanyak 25 siswa 15 siswa (60%) diantaranya belum memenuhi KKM dan 10 siswa (40%) sudah memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan cara mengembangkan media ajar interaktif dalam bentuk aplikasi Microsoft sway dengan materi teks fiksi untuk meningkatkan hasil belajar muatan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Bojong Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media ajar interaktif berbasis Microsoft sway. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg&Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Bojong kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan N�Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar interaktif berbasis Microsoft sway berhasil dikembangkan, layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian sebesar 100% sedangkan persentase kelayakan bahasa dan materi sebesar 82,5%. Keefektifan media ajar interaktif berbasis Microsoft sway dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t memperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0.005 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata�rata antara pre-test dan post-test. Peningkatan hasil belajar muatan pembelajaran bahasa Indonesia dibuktikan dengan nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,363 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media ajar interaktif berbasis Microsoft sway berhasil dikembangkan, layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar muatan pembelajaran bahasa Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media ajar interaktif berbasis Microsoft sway pada muatan pembelajaran yang lain dan memperbaiki tampilan desain dan menambah gambar serta video yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar bahasa Indonesia; Media Ajar Interaktif; Microsoft sway
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:00
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52488

Actions (login required)

View Item View Item