PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF MUATAN IPS PADA SISWA KELAS IVA SDN CANDIMULYO 2 KABUPATEN WONOSOBO


Cindy Sagitarida Taruni, 140141721 (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF MUATAN IPS PADA SISWA KELAS IVA SDN CANDIMULYO 2 KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417212 - Cindy Sagitarida Taruni v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu muatan pembelajaran wajib yang diajarkan di sekolah dasar dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada siswa untuk hidup bermasyarakat dengan baik kelak. Berdasarkan dari pra penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Candimulyo 2 Kabupaten Wonosobo diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata kelas 60 hal ini dikarenakan siswa kesulitan membedakan materi pembelajaran IPS dan PKN yang dianggap mirip serta banyaknya materi dan siswa yang cenderung menghafal. Serta proses pembelajaran di masa pandemi yang dilakukan secara online namun belum adanya pengembangan proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran dalam bentuk e-learning berbasis virtual classroom untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif muatan IPS pada siswa kelas IV A SDN Candimulyo 2 Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengggunakan model pengembangan Borg and Gall. Dengan langkah penelitian yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV A. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, uji hipotesis, dan uji peningkatan rata-rata (uji n�gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-learning berbasis virtual classroom layak digunakan dengan presentase kelayakan materi 96% dan media 100%. Pengembangan e-learning berbasis virtual classroom efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan uji peningkatan rata-rata niali pretest dan posttest siswa sebesar 0,59 dan uji perbedaan rata-rata sebesar 25,16. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis virtual classroom berpengaruh terhadap hasil belajar muatan IPS kelas IVA dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kelas IV materi keberagaman suku bangsa di negeriku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, virtual classroom, hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:52
Last Modified: 02 Nov 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52486

Actions (login required)

View Item View Item