IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Sabilah Nur Hikmah, 3101417006 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417006 - Sabilah Nur Hikmah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh memutus rantai pertemuan fisik antara guru dan siswa, sehingga guru sulit mengontrol perilaku siswa, begitu pula siswa terhambat dalam menyerap nilai selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran guru sejarah dalam implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Rowokele Kebumen; (2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran sejarah pada pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Rowokele Kebumen; dan (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran sejarah pada pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Rowokele Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlatar di SMA Negeri 1 Rowokele Kebumen. Sumber data pada penelitian ini adalah informan (kepala sekolah, waka kurikulum, guru sejarah, dan siswa), aktivitas pembelajaran secara daring, dan dokumen berupa perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sementara analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) guru sejarah berperan dalam implementasi pendidikan karakter dengan menerapkan komponen karakter yang baik (moral knowing, moral feeling, dan moral action) dan terintegrasi dengan mengembangkan guna sejarah (rekreatif, inspiratif, dan edukatif) selama aktivitas belajar mengajar. (2) implementasi pendidikan karakter oleh guru dalam pembelajaran sejarah dilihat dari penyusunan perangkat, proses, dan evaluasi pembelajaran sudah mengembangkan komponen karakter baik (moral knowing, moral feeling, dan moral action) walaupu belum terlaksana secara maksimal karena keterbatasan ruang dan waktu. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi pendidikan yaitu faktor internal yang terdiri dari guru dan siswa, serta faktor eksternal yang berasal dari pihak sekolah. Saran: (1) bagi guru sejarah, hendaknya sering upgrade dalam mengembangkan perangkat pembelajaran; (2) bagi siswa, senantiasa bersungguh�sungguh dalam pembelajaran maupun pengumpulan tugas secara daring; (3) bagi penelitian selanjutnya, hendaknya mampu menemukan upaya pengajaran efektif dalam pembelajaran daring untuk menunjang keberhasilan penanaman karakter dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:58
Last Modified: 02 Nov 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52485

Actions (login required)

View Item View Item