PENGEMBANGAN MEDIA MOLEGAMA (MOBILE LEARNING MATERI KERAGAMAN AGAMA) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN PODOREJO 02 KOTA SEMARANG


Heru Mukti Setyawan, 1401417204 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MOLEGAMA (MOBILE LEARNING MATERI KERAGAMAN AGAMA) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN PODOREJO 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417204 - Heru Mukti Setyawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya penggunaan media dan hasil belajar yang masih di bawah KKM. Sehingga, diperlukan pengembangan media yang dapat menciptakan interaksi pembelajaran yang menyenangkan serta memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan keefektifan Media Mobile Learning Keragaman Agama (Molegama) Berbasis Andorid Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model rancangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze); perancangan (design); pengembangan (development); implementasi (implementation); serta evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Kelas IV SD Negeri Podorejo 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media molegama telah dikembangkan serta layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan media molegama dibuktikan dari penilaian ahli materi dengan persentase 82% dan 100% dari ahli media. Selain itu, tanggapan dari pengguna pada uji coba produk kelompok kecil dan besar memperoleh persentase berurutan sebesar 91% dan 90% dari tanggapan siswa serta 98% dan 94% dari tanggapan guru. Keefektifan media molegama diketahui pada uji coba produk kelompok kecil dan besar diperoleh hasil uji paired sample t-test berurutan Sighitung=0,007<0,05 dan Sighitung = 0,000<0,05, Hal ini berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dengan sesudah menggunakan media molegama. Peningkatan rata-rata hasil belajar (N-Gain) pada uji coba produk kelompok kecil dan besar berurutan sebesar 0,67 dan 0,48 sehingga kedua uji coba memperoleh kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media molegama telah dikembangkan melalui 5 tahapan model ADDIE, media molegama layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta berdampak pada peningkatan hasil belajar. Adapun saran penelitian ini guru termotivasi mengembangkan media Mobile Learning Berbasis Andorid dengan memperhatikan kompetensi dan indikator pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Mobile Learning;Android;PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:38
Last Modified: 02 Nov 2022 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52481

Actions (login required)

View Item View Item