PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT FORMS PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PENDRIKAN LOR 03 SEMARANG


Syafira Karenina Ayuningtyas, 1401417201 (2021) PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT FORMS PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PENDRIKAN LOR 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417201 - Syafira Karenina v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh cukup besar terhadap jalannya proses pendidikan di Indonesia. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 menjelaskan bahwa pembelajaran kini harus dilakukan secara online/jarak jauh. Oleh karena itu diperlukan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya dalam kegiatan penilaian. Hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi di kelas IV SDN Pendrikan Lor 03 Semarang belum maksimal, salah satunya dalam penggunaan alat penilaian online. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi desain penilaian; (2) menguji kelayakan; dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru dan peserta didik terhadap pengembangan penilaian pembelajaran berbasis microsoft forms pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN Pendrikan Lor 03 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitiain dan Pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model Borg & Gall. Penelitian ini terdiri atas 6 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) uji coba produk skala kecil. Populasi dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IVA SDN Pendrikan Lor 03 Semarang yang dipilih melalui teknik sampling purposive. Penentuan kelayakan penilaian berdasarkan validasi oleh para ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Deskripsi tanggapan guru dan peserta didik diperoleh melalui hasil angket tanggapan. Penilaian pembelajaran berbasis microsoft forms sebagai salah satu alternatif penilaian diabad 21 memiliki beberapa kelebihan yaitu kemudahan akses melalui tautan, sistem penilaian otomatis, pengacakan soal, dan dilengkapi kunci jawaban Hasil validasi produk oleh ahli materi dan media menunjukkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 84,53% dalam kriteria sangat layak. Sedangkan berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan peserta didik diperoleh persentase sebesar 80% dan 78% dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini yaitu penilaian pembelajaran berbasis microsoft forms dapat mempermudah pendidik dan peserta didik, layak, dan memperoleh tanggapan baik untuk dimaanfaatkan pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Saran dalam penelitian ini yaitu penambahan penjelasan pada setiap pilihan jawaban untuk menambah pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Guru diharapkan dapat mengembangkan penlaian pembelajaran berbasis microsoft forms pada muatan pelajaran yang lain, serta pihak sekolah dapat memberikan fasilitas kepada guru-guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Pembelajaran, Penilaian Online, Microsoft Forms
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:33
Last Modified: 02 Nov 2022 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52480

Actions (login required)

View Item View Item