IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG


Distiyani Indahsari, 3101417005 (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417005 - Distiyani Indahsari(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian autentik memiliki implikasi penting dalam proses pembelajaran, termasuk output dari pencapaian hasil belajar siswa yang mencangkup 3 aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun pada kenyataanya penilaian autentik tidak berjalan dengan lancar karena pembelajaran dilakukan secara daring akibatnya muncul kendala secara umum seperti: ada beberapa peserta didik yang tidak memiliki HP anroid, susah sinyal, kuota internet yang minimalis, media yang digunakan guru monoton sehingga peserta didik merasa bosan, ada beberapa guru yang kurang lihai dalam mengunakan teknologi digital, banyaknya gangguan di rumah, dan sulit untuk interaktif. Adapun kendala khusus yang mencangkup 3 aspek yaitu kognitif praktek tesnya mengunakan google from, google classroom, dan WhatsApp, afektif guru tidak bisa memantau secara langsung peserta didik, psikomotorik guru tidak bisa mendampingi secara langsung baik dalam proses pembuatan prodak mauapun praktek. Sehingga penilaian autentik tidak berjalan sesuai harapan padahal di Madrasah Aliyah Negeri Batang memiliki fasilitas Aiti yang baik dari Madrasah lainya. Sehingga proses penilaian jadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah secara daring (2) Untuk mengetahui implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batang (3) Untuk mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah secara daring di Madrasah Aliyah Negri Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi penilaian autentik kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah secara daring.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:46
Last Modified: 02 Nov 2022 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item View Item