PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MATERI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 BREBES


Sandi Rekso Wijayanto, 3101416040 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MATERI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 BREBES. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101416040 - Sandi Wijayanto(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran sejarah bukan hanya bercerita tentang masa lalu, tetapi juga memberikan makna dan ihwal dari setiap peristiwa yang terjadi. Pelajaran sejarah bertujuan menciptakan wawasan historis atau perspektif sejarah. Wawasan historis dapat menumbuhkan nilai pemahaman sejarah pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sejarah lokal materi ancaman disintegrasi bangsa terhadap pemahaman sejarah siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Brebes. Penelitian ini mengambil objek pada peserta didik di SMA Negeri 2 Brebes dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji persyaratan (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji n-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sejarah lokal yang digunakan sebagai materi pembelajaran dinilai efektif terhadap pemahaman sejarah siswa pada pokok bahasan ancaman disintegrasi bangsa Indonesia pada kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Brebes. Keefektifan materi sejarah lokal didasarkan pada perolehan hasil uji perbedaaan rata-rata pada posttest nilai Sig. (2 tailed) 0,011 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05. Rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,352 (sedang) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,188 (rendah), Rata-rata gain ternormalisasi yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan atau pengaruh dari pembelajaran sejarah lokal yang berdampak terhadap optimalnya nilai pemahaman sejarah siswa di kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Brebes. Saran, perlu adanya kajian kembali mengenai peristiwa sejarah yang terdapat di daerah, khususnya yang terdapat di Brebes. Hal ini untuk membantu menanamkan nilai pemahaman sejarah siswa, agar siswa tahu mengenai sejarah yang ada di daerahnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Lokal, Ancaman Disintegrasi, Pemahaman Sejarah.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:37
Last Modified: 01 Nov 2022 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52475

Actions (login required)

View Item View Item