ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU
Bety Rahma Sheila, 1401417200 (2021) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SD di Gugus Sudirman Kota Pekalongan, menunjukkan bahwa semua guru kelas IV menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS kelas IV tema 7. Instrumen tersebut digunakan guru tanpa melakukan analisis terlebih dahulu, sehingga kualitas instrumen belum diketahui baik atau tidaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik pada LKS kelas IV tema 7 yang digunakan di beberapa SD di Gugus Sudirman Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS kelas IV tema 7 yang diterbitkan oleh Citra Pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru kelas IV, observasi pada instrumen penilaian autentik pada LKS kelas IV tema 7, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Analisis pada instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek-aspek penting kaidah penulisan soal menurut Panduan Penilaian Tes Tertulis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom. Analisis pada instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan format dan kriteria penulisan instrumen menurut Kunandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah kognitif pada LKS kelas IV tema 7 dalam bentuk soal menjodohkan, pilihan ganda, isian/jawab singkat, dan uraian ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, secara keseluruhan memiliki validitas isi sebesar 0,73 yaitu berkategori tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal menjodohkan, pilihan ganda, isian/jawab singkat, dan uraian tidak tersebar merata, ditemukan beberapa latihan soal yang tidak memiliki jenjang mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta/membuat (C6). (2) Instrumen penilaian ranah afektif pada LKS kelas IV tema 7, ditinjau dari kesesuaian kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi sebesar 0,00 yaitu berkategori sangat rendah. (3) Instrumen penilaian ranah psikomotor pada LKS kelas IV tema 7, ditinjau dari kesesuaian kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi sebesar 0,00 yaitu berkategori sangat rendah pada penilaian bentuk kinerja, produk, dan proyek. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrumen penilaian autentik pada LKS kelas IV tema 7 pada ranah kognitif memiliki kualitas baik, sedangkan instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor memiliki kualitas tidak baik. Disarankan kepada guru, sebelum instrumen pada buku ajar digunakan sebaiknya guru melakukan analisis terlebih dahulu, dan bagi sekolah untuk lebih memerhatikan kualitas buku ajar yang akan digunakan, serta bagi penerbit untuk meningkatkan kualitas instrumen penilaian autentik yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis instrumen, penilaian autentik. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52472 |
Actions (login required)
View Item |