IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02: PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA


Rodika Adi Lesmana, 1401417191 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02: PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417191 - Rodika Adi Lesmana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran di SDN Ngemplak Simongan 02 mengalami permasalahan dalam pelaksanaannya. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana implementasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19, apa permasalahan yang ditimbulkan, dan bagaimana pemecahan masalahnya di SDN Ngemplak Simongan 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data utama peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi. Studi dokumentasi terkait pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 serta proses pencatatan lapangan untuk data sekunder. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas IA, dan guru kelas VB. Peneliti juga melakukan analisis data pada saat sebelum di lapangan dengan melakukan pra penelitian dan analisis data sesudah di lapangan dengan menggunakan miles and hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan model blended learning terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut yang dilaksanakan secara online dan tatap muka secara langsung dengan terbatas; (2) Pada proses perencanaan, permasalahan yang timbul adalah sulitnya guru dalam merencanakan pembelajaran daring tetapi harus tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa. Permasalahan utama yang timbul dari proses pelaksanaan pembelajaran adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa dan kurangnya dampingan orang tua kepada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan pada proses evaluasi dan tindak lanjut, permasalahan utamanya yaitu sulinya guru dalam mengetahui kemampuan murni siswa; (3) Kepala sekolah beserta guru dan orang tua saling menjalin komunikasi dan koordinasi lebih lanjut untuk menemukan solusi guna memecahkan permasalahan yang timbul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Pada Masa Pandemi, Permasalahan dan Pemecahannya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:04
Last Modified: 01 Nov 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item