HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS HANDAKA KECAMATAN PRINGSURAT


Achmad Fauzi, 1401417184 (2021) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS HANDAKA KECAMATAN PRINGSURAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417184 - Achmad Fauzi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gugus Handaka Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung ialah diketahuinya bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS untuk ranah kognitif masih rendah. Berdasar dari hasil wawancara dengan wali kelas, diperoleh data bahwa yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V ialah perhatian orang tua dan kebiasaan belajar siswa yang masih buruk. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk menguji adanya hubungan antara : 1) Perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS. 2) Kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS. 3) Perhatian orang tua dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini ada 135 siswa dan 102 siswa menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk variabel perhatian orang tua dan kebiasaan belajar siswa, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar muatan pembelajaran IPS. Untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multi kolinieritas. Apabila data sudah normal dan linier peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa; (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,731 dan kontribusi sebesar 53,43%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,820 dan kontribusi sebesar 67,24 %. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,841 dan kontribusi sebesasar 70,72%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapatnya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Handaka Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Saran bagi orang tua diharapkan untuk meningkatkan perhatianya terhadap proses belajar anak, sehngga diharapkan kebiasaan belajar anak juga akan menjadi lebih baik untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:00
Last Modified: 01 Nov 2022 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52468

Actions (login required)

View Item View Item