KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS VI SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG


Yosafat Pramudya Adriyanto, 1401417182 (2021) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS VI SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417182 - Yosafat Pramudya Adriyanto v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Dengan melihat hasil yang didapat dari observasi, wawancara serta data mengenai hasil belajar siswa di kelas VI SD Gugus Dewi Sartika Semarang, diperoleh data hasil belajar IPS yang ternyata kurang maksimal, yang salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi dan cenderung bersfiat monoton. Model pembalajaran yang diterapkan kurang inovatif dan menyebabkan motivasi belajar siswa kurang. Maka dari itu perlu diberikan inovasi model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI. Jenis penelitian pada ekperimen ini menggunakan desain penelitian desain penelitian quasi eksperimental design bentuk nonequivalentcontrol group design atau pretest - posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Santo Antonius 1 Semarang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VI SD Kebon Dalem 2 Semarang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil belajar yang digunakan berupa hasil pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, ujit t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif untuk digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi ASEAN. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,113, dan nilai t tabel sebesar 2,008. Sehingga t hitung > t tabel (2,113 > 2,008) yang menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh efektif terhadap hasil belajar IPS. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPS serta mampu meningktakan hasil belajar siswa. Dalam menerapkan model pembelajaran ini, guru harus secara sistematis merancang dan merencanakan pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, picture and picture, efektif, berpengaruh, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:50
Last Modified: 01 Nov 2022 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52467

Actions (login required)

View Item View Item