HUBUNGAN MINAT BACA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 GUGUS GANESHA AMBARAWA


Resya Waryani, 1401417179 (2021) HUBUNGAN MINAT BACA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 GUGUS GANESHA AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417179 - Resya Waryani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Ganesha Kecamatan Ambarawa kabupaten Semarang menunjukan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Berdasarkan Observasi didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS yaitu minat baca dan gerakan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan : (1) Minat baca dengan Hasil Belajar IPS ; (2) Persepsi Siswa tentang Gerakan Literasi Sekolah dengan hasil belajar IPS ; (3) minat baca dan Persepsi siswa tentang gerakan literasi sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ganesha Kecamatan Ambarawa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif.Populasi penelitian berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh dengan julah 102 siswa. 26 siswa digunakan sebagai uji coba penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,dokumentasi dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas,liniearitas,multikolinearitas , heterokedastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji persyaratan selanjutnya dianalisis dengan statistic deskriptif ,korelasi sederhana ,korelasi berganda , uji F , regresi linear sederhana,dan regresi ganda. Hasil analisis data didapatkan; (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan hasil belajar IPS sebesar 0,664 yang termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 44,1 % ; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi siswa tentang gerakan literasi sekolah dan hasil belajar IPS sebesar 0,484 yang termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 23,4% ; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan gerakan literasi sekolah dengan hasil belajar IPS sebesar 0,678 yang termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 45,9 %. Simpulan penelitian ini menunjukan ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi siswa tentang gerakan literasi sekolah dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan Persepsi siswa tentang gerakan literasi sekolah dengan hasil belajar IPS. Saran diharapkan guru dapat mengajarkan kepada siswa bahwa minat baca dan Persepsi siswa gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:44
Last Modified: 01 Nov 2022 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52466

Actions (login required)

View Item View Item