PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK TEKS FIKSI KELAS IV SDN 2 NGEMBAK KABUPATEN GROBOGAN


Ermi Yunitasari, 1401417178 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK TEKS FIKSI KELAS IV SDN 2 NGEMBAK KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417178 - Ermi Yunitasari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang membantu siswa untuk men�capai kompetensi yang telah ditetapkan. Berdasarkan data prapenelitian di SDN 2 Ngembak Kabupaten Grobogan, peneliti memperoleh informasi bahwa siswa ke�las IV kesulitan memahami suatu bacaan. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan hanya buku guru dan buku siswa terbitan Kemendikbud de�ngan budaya lokal yang terbatas, sehingga siswa belum memiliki pengetahuan awal dari bacaan yang disajikan. Permasalahan ini diperkuat dengan hasil belajar siswa sebanyak 29 siswa, hanya 38% siswa yang tuntas dan 62% tidak tuntas dengan KKM sebesar 68. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar ber�basis lokal yang memuat bacaan dengan mengangkat berbagai tokoh di Kabupaten Grobogan yang dekat dengan kehidupan dan pengalaman siswa SDN 2 Ngembak serta menguji kelayakan dan keefektifan dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Sugiyono dengan delapan tahapan: potensi dan masalah, pengum�pulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dengan uji normalitas (Liliefors) serta analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan bahan ajar berbasis lokal ber�dampak pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman menemukan unsur intrinsik teks fiksi; (2) melalui uji kelayakan, bahan ajar berbasis lokal layak digunakan dengan penilaian oleh ahli media 98,61% dan ahli materi 91,67%; (3) melalui uji N-Gain, bahan ajar berbasis lokal efektif digunakan, ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai tes awal sebesar 59,82 dan rata-rata nilai tes akhir sebesar 85,51 sehingga diperoleh N-Gain sebesar 0,63 dan termasuk dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis lokal dapat me�ningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam menemukan unsur in�trinsik teks fiksi serta layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi guru adalah dapat mengembangkan bahan ajar serupa dengan materi berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan siswa agar kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, berbasis lokal, membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:40
Last Modified: 01 Nov 2022 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52465

Actions (login required)

View Item View Item