Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi Covid-19 pada Fakultas Ekonomi (Pend. Administrasi Perkantoran) Universitas Negeri Semarang


Shanty Rectavia, 7101416297 (2021) Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi Covid-19 pada Fakultas Ekonomi (Pend. Administrasi Perkantoran) Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi Covid-19 pada Fakultas Ekonomi (Pend. Administrasi Perkantoran) Universitas Negeri Semarang] PDF (Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar selama Pandemi Covid-19 pada Fakultas Ekonomi (Pend. Administrasi Perkantoran) Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut berdampak pada berbagai aspek, salah satunya aspek pendidikan. Kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan ditetapkan sebagai upaya penyesuaian kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Namun, dalam hal penyesuaian tersebut masih terdapat banyak kekurangan, kendala dan hambatan, salah satunya jaringan internet dan sulitnya pengajar dalam memantau jalannya perkuliahan. Karenanya, peneliti tertarik meneliti terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Fakultas Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring yang diterapkan oleh jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES di tengah pandemi Covid-19 berlangsung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari delapan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik gabungan antara snowball sampling dan purposive sampling. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan perkuliahan daring di jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES mengimplementasikan kebijakan yang ditetapkan oleh kementerian dan universitas. Tidak ada perubahan yang signifikan pada tujuan pembelajaran, dan capaian pembelajaran. Sedangkan untuk metode pembelajaran dan penilaian menyesuaikan dengan kondisi saat ini, dengan segala keterbatasan yang ada. Metode pembelajaran yang ditekankan pada perkuliahan daring diantaranya problem based-learning, case study, dan project-based learning. Simpulan dalam penelitian ini adalah perkuliahan daring di jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES ini mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh universitas, dan pelaksanaannya sudah sesuai pada peraturan yang ditetapkan yaitu kebijakan Kemendikbud dan SE Rektor UNNES. Beberapa penyesuaian yang terjadi terdapat pada metode, penugasan, dan penilaian. Tentunya dengan segala kendala dan hambatan yang dilalui akibat keterbatasan yang ada. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah baik dosen maupun mahasiswa sama-sama membangkitkan motivasi, dosen berupaya untuk lebih interaktif, mendorong mahasiswa untuk harus belajar, serta mengintegrasikan berbagai kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan belajar mengajar, Covid-19, Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:03
Last Modified: 01 Nov 2022 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52463

Actions (login required)

View Item View Item