PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E�KOMIK MATERI FAKTOR PENYEBAB KEBERAGAMAN DI INDONESIA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD N PESALAKAN 03 KABUPATEN BATANG


Ahmad Rizkon, 1401417177 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E�KOMIK MATERI FAKTOR PENYEBAB KEBERAGAMAN DI INDONESIA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD N PESALAKAN 03 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417177 - Ahmad Rizkon v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Akibat pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19. Dampak dari pelaksanaan pembelajaran daring sangat dirasakan baik oleh peserta didik maupun guru. Pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring yang dipisahkan oleh ruang. Akibatnya berbagai permasalahan muncul baik dari peserta didik itu sendiri maupun dari guru. Begitu pula di SD N Pesalakan 03. Peserta didik mudah merasa bosan dengan pembelajaran daring yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Pada hasil belajar muatan pelajarn IPS kelas IV SD N Pesalakan 03 diperoleh bahwa sebanyak 52% peserta didik belum tuntas KKM. Salah satunya pada muatan pelajaran IPS pada materi faktor penyebab keberagaman di Indonesia. Oleh karena itu, guru dituntut menciptakan pembelajaran IPS yang kreatif dan menarik minat belajar peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama pada materi faktor penyebab keberagaman di Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik selama pembelajaran daring yang dapat membantu peserta didik memahami materi faktor penyebab keberagaman di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-komik materi faktor penyebab keberagaman di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (RnD) Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Langkah peneiltian Borg and Gall terdiri atas 10 langkah dan peneliti menyederhanakan menjadi 9 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba awal; 7) revisi desain; 8) uji coba pemakain; 9) produk akhir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD N Pesalakan 03. Hasil penelitian bahwa media pembelajaran e-komik dinyatakan layak oleh ahli materi dengan perolehan persentase sebesar 77,34% dan ahli media dengan persentase 84% yang masuk dalam kategori sangat layak”. Sementara hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba pemakain diperoleh persentase 83,72% yang masuk kedalam kategori sangat baik. Bedasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran e-komik dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Selain itu peserta didik juga merasa senang dengan menggunakan media pembelajaran e�komik. Saran bagi guru agar senantiasa mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menarik minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-komik, kelayakan media e-komik, tanggapan peserta didik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:35
Last Modified: 01 Nov 2022 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52462

Actions (login required)

View Item View Item