PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA INTERAKTIF BERBASIS KONSERVASI PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BLENGORWETAN KEBUMEN


Diah Purnamasari, 1401417169 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA INTERAKTIF BERBASIS KONSERVASI PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BLENGORWETAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417169 - Diah Purnamasari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik, didapatkan persentase ketidaktuntasan sebesar 53,3% sedangkan ketuntasan hanya sebesar 46,7%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Blengorwetan Kebumen belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan pengembangan media diorama interaktif berbasis konservasi untuk mengoptimalkan pembelajaran muatan IPS di SD Negeri Blengorwetan Kebumen. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Mengembangkan media pembelajaran diorama interaktif berbasis konservasi, (2) Menguji karakteristik kelayakan pengembangan media pembelajaran diorama interaktif berbasis konservasi, (3) Menguji keefektifan produk pengembangan media pembelajaran diorama interaktif berbasis konservasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). yang mengadaptasi model pengembangan dari Borg and Gall. Langkah-langkah dalam model ini terdiri atas 10 langkah yang kemudian disederhanakan oleh peneliti menjadi 9 langkah meliputi (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Produksi terbatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas tes dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi, angket). Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan akhir. Analisis data awal dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir dilakukan dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test (uji t berpasangan). Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa pengembangan media diorama interaktif berbasis konservatif berhasil dikembangkan dan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 93% (sangat layak), ahli media sebesar 100% (sangat layak) dan ahli bahasa sebesar 92% (sangat layak). Kemudian berdasarkan uji t-test diperoleh thitung sebesar 7,014 sedangkan ttabel sebesar 2,048 sehingga dapat disim[ulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata N-gain data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,5032 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media diorama interaktif berbasis konservasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam kelas IV SD Negeri Blengorwetan Kebumen. Saran pada penelitian yaitu dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya penggunaan media untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga hasil belajar peserta didik optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diorama, Hasil Belajar, Interaktif, IPS, Konservasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:12
Last Modified: 01 Nov 2022 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52460

Actions (login required)

View Item View Item