STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA WARUNG SATE BATIBUL BANG AWI DI ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL


Anna Kiftia, 7101416107 (2021) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA WARUNG SATE BATIBUL BANG AWI DI ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA WARUNG SATE BATIBUL BANG AWI DI ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL] PDF (STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA WARUNG SATE BATIBUL BANG AWI DI ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran merupakan cara yang digunakan para pelaku usaha untuk memasarkan barang atau jasa yang dimiliki. Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diperhatikan bagaimana karakteristik produk yang akan dijualnya, agar tepat pada pangsa pasar yang dituju. Strategi bauran pemasaran memiliki peranan penting dalam menjalankan sebuah usaha untuk mencapai tujuan yang telah dibuatnya dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi bauran pemasaran yang digunakan pada warung sate batibul Bang Awi yang berhasil membawa usahanya mencapai kesuksesan dan mampu bertahan dalam waktu yang lama ditengah persaingan yang ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan keajegan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh warung sate batibul Bang Awi secara keseluruhan sudah sangat baik sehingga dapat membawa usahanya dikenal banyak masyarakat dan memiliki banyak pelanggan tetap, serta berhasil mencapai tujuan usahanya yaitu mencapai kepuasan pelanggan melalui konsistensi kualitas produk yang diberikan. Strategi produk dengan mengutamakan kualitas produk melalui penggunaan bahan baku kualitas unggul membuat usahanya memiliki banyak pelanggan tetap, strategi harga yang didasarkan dengan kualitas produknya mampu unggul bersaing dengan warung pesaing, kemudian strategi tempat yang mengutamakan kenyamanan pelanggan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, serta strategi promosi dari mulut kemulut yang digunakannya membuat usahanya dikenal luas dan memiliki citra yang baik. Saran dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan promosi yang digunakan warung sate batibul Bang Awi yaitu perlunya memanfaatkan penggunasn tekhnologi seperti penggunaan sosial media dan aplikasi pesan antar makanan secara online sehingga memudahkan pengguna sosial media maupun pengguna aplikasi pesan antar makanan online untuk mencari dan membeli produk yang dijual oleh warung sate batibul Bang Awi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Promosi, Sate Batibul
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Nov 2022 06:28
Last Modified: 01 Nov 2022 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52457

Actions (login required)

View Item View Item