ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DENGAN KURIKULUM 2013


Annastasia Safitri Putri, 1401417168 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417168 - Annastasia Safitri Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan Kepala SDN Ujungrusi 03 Kecamatan Adiwerna, diperoleh informasi bahwa analisis Buku Guru dan Buku Siswa belum pernah dilakukan. Para guru hanya melakukan analisis pemetaan KD secara umum untuk menentukan materi yang akan diajarkan, dan menggunakan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai rujukan utama dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, materi pada aspek kesesuaian, kecakupan, dan keakuratan di dalam Buku Guru dan Buku Siswa pada edisi revisi 2018 dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas III sekolah dasar tema “Kewajiban dan Hakku” (edisi revisi 2018) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uraian rinci, Auditing, dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara umum sudah sesuai dengan kurikulum 2013 namun diperlukan perbaikan, karena masih ditemukan kekurangan terkait aspek pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Pada tujuan pembelajaran ditemukan 25 tujuan pembelajaran yang belum memuat unsur ABCD dengan lengkap. Pada beberapa rubrik penilaian ditemukan ketidaksesuaian antara rubrik penilaian dengan tujuan pembelajaran, rubrik penilaian dengan kegiatan pembelajaran, dan rubrik penilaian dengan poin utama materi yang akan dinilai. Beberapa kegiatan pembelajaran KI-3 (keterampilan) tidak mempunyai rubrik penilaian. Kemudian secara keseluruhan kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai Kurikulum 2013, namun ada beberapa materi yang perlu perbaikan. Saran yang diberikan yaitu guru perlu menganalisis terlebih dahulu sumber belajar yang akan digunakan. Proses menelaah dan mengecek buku dapat dilakukan untuk mengembangkan.kegiatan pembelajaran dan memahami materi yang perlu penambahan referensi dan sumber belajar lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:20
Last Modified: 01 Nov 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52456

Actions (login required)

View Item View Item