PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI GEBYOK DESA BLIMBINGREJO KECAMATAN NALUMSARI JEPARA
Dita Galuh Maharani, 7101416063 (2021) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI GEBYOK DESA BLIMBINGREJO KECAMATAN NALUMSARI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI GEBYOK DESA BLIMBINGREJO KECAMATAN NALUMSARI JEPARA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan gebyok di Desa Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara dari tahun mengalami kenaikan, hal ini berdampak pada persaingan yang ketat. Tingginya tingkat persaingan menyebabkan penurunan omset penjualan yang menjadikan para pengusaha meningkatkan kinerja usahanya dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran secara bersama-sama atau parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 121 UKM Gebyok di Desa Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyakj 55 UKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Relase 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi produk dan kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh secara simultan sebesar 74,8% sedangkan pengaruh secara parsial orientasi pasar sebesar 21,5%, inovasi produk sebesar 8,7%, dan kapabilitas pemasaran sebesar 18%. Saran dari penelitian ini adalah pengusaha UKM gebyok di Desa Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari perlu melakukan segmentasi produk, harga, dan strategi promosi agar sesuai dengan segmen sasaran. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji penelitian tentang kinerja pemasaran menggunakan variabel lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52454 |
Actions (login required)
View Item |