PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN MAGELANG


Riskiana Rahma, 1401417166 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417166 - Riskiana Rahma v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya nilai PAS siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tidak tuntas mencapai 49%. Dari hasil wawancara guru, diketahui faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa ialah motivasi belajar, minat belajar, dan kemandirian belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) adakah pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) adakah pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (4) adakah pengaruh motivasi belajar, minat belajar, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel penelitian berjumlah 122 siswa yang diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawanacara, angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heterokesdastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar, minat belajar, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Simpulan dalam penelitian ini adakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, minat belajar, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kabupaten Magelang. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan motivasi belajar, minat belajar, dan kemandirian belajar dalam diri siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika, motivasi belajar, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:15
Last Modified: 01 Nov 2022 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52453

Actions (login required)

View Item View Item