Pengaruh Teaching factory, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMK di Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021


Sakti Putri Sholihah, 7101416044 (2021) Pengaruh Teaching factory, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMK di Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Teaching factory, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMK di Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021] PDF (Pengaruh Teaching factory, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMK di Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng tahun 2019 (www.jateng.bps.go.id) keterserapan angkatan kerja lulusan SMK lebih rendah daripada angkatan kerja lainnya. Melalui teaching factory diharapkan kesiapan kerja siswa dapat semakin meningkat. Kesiapan kerja siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain diantaranya motivasi memasuki dunia kerja dan bimbingan karir. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teaching factory motivasi memasuki dunia kerja dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas XII SMK di Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 302 yang berada di tiga sekolah, dengan sampel berjumlah 172 siswa yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data menggunakan angket sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 10,318 + 0,242X1 + 0,193X2 + 0,189X3. Secara parsial (uji t) teachig factory (X1) diperoleh t hitung = 4,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H2 diterima. Motivasi memasuki dunia kerja (X2) diperoleh t hitung = 2,332 dengan signifikansi 0,021 < 0,05, sehingga H3 diterima. Bimbingan karir diperoleh t hitung = 3,206 dengan signifikansi 0,002 < 0,05, sehingga H4 diterima. Secara simultan (R2) teaching factory, motivasi memasuki dunia kerja dan bimbingan karir berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 42,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan teaching factory, motivasi memasuki dunia kerja dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya teaching factory disesuaikan lagi dengan standar kerja yang sesungguhnya dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk memotivasi kerja siswa lebih kreatif dan inovatif agar siswa lebih siap untuk bekerja setelah lulus dari sekolah. Sekolah lebih memperbaiki pelayanan bimbingan karir bagi siswanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teaching factory, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Bimbingan Karir, Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:13
Last Modified: 01 Nov 2022 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52452

Actions (login required)

View Item View Item