PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 1 TEMUIRENG BLORA


Endang Susiyanti, 1401417165 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MUPEL IPS KELAS V SDN 1 TEMUIRENG BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417165 - Endang Susiyanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media berbasis IT masih terbatas khususnya pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Temuireng, guru hanya memanfaatkan vidio dari youtube. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu dikembangkan multimedia interaktif berbasis android dengan model pembelajaran STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis android dengan model pembelajaran STAD pada pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Temuireng Blora. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis android dengan model pembelajaran STAD pada pembelajaran IPS kelas V SDN 1 Temuireng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yang meliputi; (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Temuireng Blora. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes meliputi pretest dan posttest, dan teknik nontes meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) multimedia interaktif berbasis android telah dikembangkan sesuai prosedur. (2) multimedia interaktif berbasis android dinyatakan sangat layak oleh validator ahli media dengan persentase sebesar 100%, ahli materi sebesar 93,75%, dan ahli praktisi sebesar 95,31%. (3) penggunaan multimedia interaktif berbasis android berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan hasil perhitungan t-test pada uji coba skala kecil diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,81 dengan kategori tinggi dan pada uji pemakaian produk skala besar diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000 dan n�gain = 0,98 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif berbasis android dinyatakan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mupel IPS kelas V. Saran dalam penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis android dapat digunakan sebagai variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android, hasil belajar IPS, multimedia interaktif, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:55
Last Modified: 01 Nov 2022 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52450

Actions (login required)

View Item View Item