HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN


Rosita Septiani, 1401417163 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417163 - Rosita Septiani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah merupakan faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar IPS siswa. Seseorang yang memiliki motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah yang baik, maka berpengaruh positif dengan hasil belajar IPS siswa. Semakin baik motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah, maka hasil belajar IPS juga menjadi baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Negeri Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. (2) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar di rumah dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. (3) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. . Populasi dalam penelitian korelasi ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Soedirman sejumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sejumlah 109 sampel. Variabel dalam penelitian meliputi motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,800 dan termasuk kategori sangat kuat serta berkontribusi sebesar 64%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar di rumah dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,786 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 61,8%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,837 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 70,1%. Simpulan dari penelitian yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah dengan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan kebiasaan belajar di rumah sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kebiasaan belajar di rumah, motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:51
Last Modified: 01 Nov 2022 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52449

Actions (login required)

View Item View Item