HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI


Risna Hanafi Aryadina, 1401417160 (2021) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417160 - Risna Hanafi Aryadina v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu faktor penting bagi proses belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik. Keberhasilan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu faktor dalam diri siswa (internal) dan faktor dari luar diri siswa (eksternal). Disiplin belajar merupakan faktor internal dan pola asuh orang tua merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SD Dabin 1 Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali didapatkan permasalahan yaitu rendahnya disiplin belajar, kurangnya peran orang tua dalam mendampingi anak, dan rendahnya hasil belajar IPS siswa. Rendahnya disiplin belajar dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa, hal tersebut dapat dilihat dari adanya siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPS, (2) Menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPS, (3) menguji hubungan antara disiplin belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Dabin 1 Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan data kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi disiplin belajar, pola asuh orang tua, dan hasil belajar IPS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Dabin 1 Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan Antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,631, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,8%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,701, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,1%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,766 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 58,7% terhadap hasil belajar IPS dan 41,3% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan penelitian tersebut menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber mengembangkan kualitas sekolah yang berhubungan dengan disiplin belajar, peran dan pola asuh orang tua, terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; disiplin belajar; pola asuh orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:42
Last Modified: 01 Nov 2022 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52444

Actions (login required)

View Item View Item