HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI


Anis Sri Wahyuni, 1401417159 (2021) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417159 - Anis Sri Wahyuni v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian terdapat permasalahan di SDN Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu nilai PTS Semester I pada mata pelajaran Matematika sebesar 60% tidak tuntas KKM. Berdasarkan hasil wawancara, faktor yang mempengaruhi hasil belajar Matematika rendah adalah kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu: menguji hubungan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika; menguji hubungan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar Matematika; menguji hubungan antara kedisiplina belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan sampel sebanyak 117 siswa diambil menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara untuk mendapatkan data primer, serta dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan data berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar Matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,695 dalam kategori kuat; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar Matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,731 dalam kategori kuat; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar Matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,816 dalam kategori sangat kuat. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar Matematika; terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar Matematika; terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Matematika. Disarankan guru dapat meningkatkan indikator kedisiplinan belajar yang lemah yaitu: disiplin mengikuti pembelajaran dirumah serta indikator perhatian orang tua yang lemah yaitu: pemberian penghargaan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Matematika, kedisiplinan belajar; perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:36
Last Modified: 01 Nov 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52442

Actions (login required)

View Item View Item