PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOYOLALI


Ima Dwi Kusuma Wardani, 7101415373 (2020) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOYOLALI] PDF (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara yang diberikan oleh penyedia layanan publik, dan terus diperbaiki secara berkesinambungan agar dapat memenuhi dan melebihi harapan publik. Berdasarkan observasi awal didapatkan fakta adanya pegawai yang tidak mengikuti apel pagi dan adanya pegawai yang datang terlambat maupun pulang lebih awal serta kurangnya fasilitas kantor. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh budaya organisasi, disiplin kerja pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai DPMPTSP Kabupaten Boyolali sebanyak 42 pegawai. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji hipotesis, presentase analisis data deskriptif dengan menggunakan Program SPSS For Windows Release 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 44,290 + 0,405 X1 + 0,132X2 + 0,101 X3 + e. Secara simultan budaya organisasi, disiplin kerja pegawai dan fasilitas kantor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 59,4%. Secara parsial budaya organisasi mempengaruhi sebesar 16,16%, secara parsial disiplin kerja pegawai mempengaruhi sebesar 20,79%, secara parsial fasilitas kantor mempengaruhi sebesar 17,89% terhadap kualitas pelayanan publik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa budaya organisasi, disiplin kerja pegawai dan fasilitas kantor berpegaruh terhadap kualitas pelayanan publik baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah: 1) pimpinan dalam sebuah organisasi dalam mengambil sebuah keputusan dapat lebih memperhatikan dampak yang akan dihadapi oleh sebuah organisasi dan dampak bagi pegawai dalam sebuah organisasi, 2) memberikan pelatihan bagi pegawai dalam rangka meningkatkan skill setiap pegawai, 3) pegawai dapat melakukan penataan meja kerja yang sesuai dengan keinginan yang diharapkan mampu memberikan suasana lingkungan kerja yang menarik sesuai dengan keinginan masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Disiplin Kerja Pegawai, Fasilitas Kantor, Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:07
Last Modified: 01 Nov 2022 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52439

Actions (login required)

View Item View Item