KESIAPAN GURU KELAS IC DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI GISIKDRONO 02 KOTA SEMARANG


Nur Halimah, 1401417158 (2021) KESIAPAN GURU KELAS IC DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI GISIKDRONO 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417158 - Nur Halimah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar dalam kehidupan terutama dalam bidang pendidikan. Hal ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pendidikan yang dilaksanakan yaitu dengan menerapkan pembelajaran daring (dalam jaringan). Tentu dalam pelaksanaan pembelajaran ini mempunyai beberapa kendala dalam melaksanakan proses pendidikan namun SDN Gisikdrono 02 telah melakukan beberapa cara untuk menghadapi kondisi ini. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang kesiapan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik mengenai pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SDN Gisikdrono 02 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data utama dilakukan melalui wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan studi dokumentasi serta proses pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan Guru Kelas IC. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan Miles and Hubberman. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri Gisikdrono 02 tepatnya pada kelas IC sudah terlaksana dengan baik, siswa dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi Aplikasi Whatsapp, Google classroom, zoom dan juga sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa. Sehingga proses pelaksanaan evaluasi dan juga tindak lanjut dapat dilakukan dengan sebagaimana mestinya seperti yang dilakukan pada saat pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan siswa memahami materi pembelajaran dan ketersediaan sarana prasarana penunjang menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:22
Last Modified: 01 Nov 2022 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52438

Actions (login required)

View Item View Item