PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGLEWAS LOR KABUPATEN BANYUMAS


Madu Dewi Indi Eka Damayanti, 1401417157 (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGLEWAS LOR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417157 - Madu Dewi Indi Eka Damayanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di masa pandemi sekarang ini sistem pembelajaran di sekolah berubah. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi interaksi yang terjadi antara guru dan siswa di sekolah. Pemerintah memberlakukan sistem baru yaitu pembelajaran jarak jauh (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika kelas V di SD Negeri 2 Karanglewas Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif diambil berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas V dan siswa kelas V di SD Negeri 2 Karanglewas Lor. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat melakukan perannya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring matematika kelas V di SD Negeri 2 Karanglewas Lor. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Guru sebagai Sumber Belajar, (2) Guru sebagai Fasilitator, (3) Guru sebagai Pengelola, (4) Guru sebagai Demonstrator, (5) Guru sebagai Pembimbing, (6) Guru sebagai Motivator, (7) Guru sebagai Evaluator. Adapun kesulitan belajar yang dialami siswa pada pembelajaran daring matematika yaitu: (1) Sikap dalam belajar, (2) Motivasi belajar siswa yang rendah, (3) Kesehatan tubuh, (4) Variasi guru mengajar, (5) Penggunaan media pembelajaran, (6) Sarana dan prasarana di sekolah, (7) Lingkungan keluarga. Guru juga mengalami kendala dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring matematika yaitu: (1) Sikap siswa dalam belajar, (2) Psikologis, (3) Lingkungan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diajukan bagi orang tua untuk lebih memperhatikan dan mengawasi anaknya agar dapat mengikuti pembelajaran daring, orang tua harus bersinergi dengan guru dalam mendukung berlangsungnya pembelajaran daring. Bagi siswa, agar meningkatkan disiplin dalam mengikuti pembelajaran daring dan lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi penyelenggara pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran daring dan juga peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan berbagai media pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang digunakan saat daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peran guru, kesulitan belajar matematika, pembelajaran daring.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:19
Last Modified: 01 Nov 2022 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52437

Actions (login required)

View Item View Item