PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KOMPETENSI JURUSAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SMK SETIABUDHI SEMARANG


Sayekti Enggar Mumpuni, 7101415177 (2021) PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KOMPETENSI JURUSAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SMK SETIABUDHI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KOMPETENSI JURUSAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SMK SETIABUDHI SEMARANG] PDF (PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KOMPETENSI JURUSAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SMK SETIABUDHI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pencapaian keberhasilan pendidikan kejuruan yaitu menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang tertentu dan siap bersaing di dunia kerja, namun berdasarkan data dari BPS tahun 2019 lulusan SMK menempati urutan tertinggi angka pengangguran yakni 10,42%. Database kelulusan siswa SMK Setiabudhi Semarang juga menunjukan adanya penurunan siswa yang melanjutkan bekerja dari tahun ke tahun dan perusahaan semakin meninggikan standar untuk pegawai baru, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai kesiapan kerja siswa SMK dan hal-hal yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh locus of control, self efficacy, dan pemahaman kompetensi jurusan terhadap kesiapan kerja di SMK Setiabudhi Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian hypothesis testing study. Populasi penelitian siswa kelas XII SMK Setiabudhi Kota Semarang berjumlah 129 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling, maka besarnya sampel adalah 129 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yang berarti secara simultan locus of control, self efficacy, dan pemahaman kompetensi jurusan berpengaruh terhadap kesiapan kerja, (2) nilai t hitung pada variabel locus of control lebih besar dari t tabel yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan locus of control terhadap kesiapan kerja, (3) nilai t hitung pada variabel self efficacy lebih besar dari t tabel yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan kerja, (4) nilai t hitung pada variabel pemahaman kompetensi jurusan lebih besar dari t tabel yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan pemahaman kompetensi jurusan terhadap kesiapan kerja. Simpulan dari penelitian ini adalah locus of control, self efficacy, dan pemahaman kompetensi jurusan berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Kesiapan kerja memiliki persentase yang paling rendah dibandingkan dengan variabel yang lain. Oleh karena itu, siswa perlu meningkatkan kesiapan kerja menjadi optimal dengan cara mengoptimalkan kompetensi dibidang studinya dengan fokus belajar selama mengikuti pembelajaran di sekolah. Siswa juga harus mengenali minat untuk kemungkinan karirnya sejak dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Locus of Control, Self Efficacy, Kompetensi Jurusan, dan Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:20
Last Modified: 01 Nov 2022 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52436

Actions (login required)

View Item View Item