PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SBdP SENI MUSIK KELAS V SDN 01 KELANGDEPOK KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG DI MASA PANDEMI COVID-19


Diah Puspita Sari, 1401417149 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SBdP SENI MUSIK KELAS V SDN 01 KELANGDEPOK KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417149 - Diah Puspita v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran SBdP seni musik diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan digunakan sebagai wadah untuk berekspresi, berkreasi sesuai dengan karakter, suasana hati peserta didik. Pendidik dituntut pandai dan cakap dalam menyampaikan materi kepada peserta didik supaya pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna untuk peserta didik. Kreativitas serta manajemen kelas sangat diperlukan pendidik untuk menguasai kelas supaya selalu kondusif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pelaksanaan pembelajaran SBdP seni musik kelas 5 di SDN 01 Kelangdepok pada masa pandemi Covid-19; (2) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran SBdP seni musik secara online; (3) Hambatan dalam pembelajaran SBdP seni musik; (4) Tindak lanjut yang diberikan pendidik sebagai upaya mengatasi hambatan yang ada pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Pelaksanaan pembelajaran SBdP seni musik dilaksanakan secara online dengan menanamkan pendidikan karakter dalam pembelajaran. (2) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran SBdP seni musik secara online seperti smartphone, buku sumber, materi pelajaran yang menarik; (3) Hambatan pembelajaran ini diantaranya yaitu pada penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran, suasana pembelajarn online kurang aktif, terbatasnya kemampuan pendidik dalam menguasai teknik pada pembelajaran SBdP seni musik, ketidaktersedianya sarana dan prasarana untuk menunjang praktik musik. (4) Tindak lanjut yang diberikan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi sebagai media belajar sesuai dengan kemudahan penggunaan, suasana pembelajarn online kurang aktif yaitu dengan cara mengkondisikan peserta didik dan diberi motivasi oleh pendidik, penguasaan teknik pada pendidik yaitu dengan menggunakan sumber internet untuk memperdalam materi, dan untuk ketidak tersediaan perlengkapan berkarya pendidik menindaklanjuti dengan membuat atau memeprsiapkan perlengkapan pendukung berkarya dari alat di sekitar lingkungan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masa Pandemi COVID-19, Pembelajaran SBdP seni musik,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:15
Last Modified: 01 Nov 2022 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52435

Actions (login required)

View Item View Item