HAMBATAN-HAMBATAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19


Diaz Febyana Saputri, 5101417054 (2021) HAMBATAN-HAMBATAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HAMBATAN-HAMBATAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19] PDF (HAMBATAN-HAMBATAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi covid-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan Belajar di rumah secara online dengan sistem pembelajaran daring. Selama belajar dirumah secara daring banyak siswa mengeluhkan berbagai macam hambatan yang dihadapi. Peneliti akan menyusun instrumen penelitian yang fokus terhadap hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 yang mencakup hambatan siswa dalam kelompok latar belakang orang tua, layanan dan jaringan internet, dan fasilitas penunjang pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena dalam penelitian ini tidak membuat perbandingan variabel pada sampel lain dan mencari hubungan variabel dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa dengan 62 sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner. Uji coba instrument angket menggunakan uji validitas dengan teknik korelasi product Moment dan uji reliabilitas dengan teknik cronbach alpha. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat hambatan-hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 yaitu kelompok latar belakang pengetahuan orang tua, sebagai berikut: Orang tua yang tidak memahami materi pelajaran sang anak dan Orang tua yang gagap akan teknologi informasi. (2) Terdapat hambatan-hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 yaitu kelompok layanan dan jaringan internet, sebagai berikut: Habisnya kuota internet, Harga pemasangan wifi yang mahal, Koneksi wifi yang terputus karena pemadaman listrik, Aplikasi pembelajaran daring yang terputus-putus akibat jaringan atau koneksi internet yang kurang stabil, dan Mengirim dan mengunduh video pembelajaran membutuhkan waktu yang lama. (3) Terdapat hambatan-hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 yaitu kelompok ketidakmemadai-an fasilitas penunjang pembelajaran, sebagai berikut: Gawai yang belum smartphone dan Spesifikasi laptop dan gawai yang tidak memadai untuk melaksanakan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Siswa, Latar Belakang Orang Tua, Layanan dan Jaringan Internet, Fasilitas Penunjang Pembelajaran.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:08
Last Modified: 01 Nov 2022 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52433

Actions (login required)

View Item View Item