ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA DENGAN KURIKULUM 201
Rumiati, 1401417144 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA DENGAN KURIKULUM 201. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Buku Guru dan Buku Siswa merupakan buku yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai pedoman dalam pembelajaran kurikulum 2013. Oleh karena itu, subtansi Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VI SD Negeri 1 Sokawera, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, diperoleh informasi bahwa guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa sebelum pembelajaran secara menyeluruh. Pertanyaan penelitian ini yaitu “Bagaimanakah kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi dan menganalisis kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas VI SD/MI Tema Menuju Masyarakat Sejahtera edisi revisi tahun 2018 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi sumber, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KI pada Buku Guru sebagian besar sudah termuat ke dalam setiap kegiatan pembelajaran, bagian yang belum ada yaitu KI1 dan KI2 karena termasuk dalam pembelajaran tidak langsung; (2) Pemetaan KD pada Buku Guru terdapat satu pemetaan KD yang kurang sesuai; (3) pada beberapa tujuan pembelajaran, unsur perumusan tujuan pembelajaran masih kurang lengkap, tidak menggunakan kata kerja operasional, terdapat muatan perilaku lebih dari satu, dan terdapat kesalahan redaksional; (4) pada beberapa kegiatan pembelajaran, terdapat langkah pembelajaran yang kurang lengkap; (5) pada penilaian, tidak ditemukan panduan penilaian sikap, aspek yang dinilai dengan teknik dan instrumen yang digunakan kurang sesuai; (6) pada kesesuaian materi terdapat beberapa materi yang kurang sesuai; (7) kecakupan materi belum lengkap; serta (8) keakuratan materi sudah akurat. Saran yang diberikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis terlebih dahulu pada sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Guru dalam melaksanakan pembelajaran juga tidak hanya berpatok pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada Buku Guru saja. Penulis buku harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku teks pelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Buku Guru; Buku Siswa; Kurikulum 2013. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 02:58 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 02:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52431 |
Actions (login required)
View Item |