PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT ISPRING SUITE 8 BERBASISKAN LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 5 PANGGANG JEPARA


Bagus Kurniawan, 1401417141 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT ISPRING SUITE 8 BERBASISKAN LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 5 PANGGANG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417141 - Bagus Kurniawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada pengamatan, observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan pada tanggal 13 Maret 2020. Lokasi penelitian pada SDN 5 Panggang, Kelurahan Panggang, Kecamatan Jepara. Hasil menunjukkan belum terdapat penggunaan media pembelajaran pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia mengakibatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca permulaan masih rendah. Diperlukan pengembangan media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom dengan rumusan masalah adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, serta keefektifan media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom. Tujuan penelitian mengembangkan media, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Jenis Penelitian ini Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan model Borg & Gall yang hanya diambil 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Desain Penelitian adalah one group pretest-posttest. Pendekatan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN 5 Panggang berjumlah 27 siswa pada uji coba pemakaian dan SDN 1 Panggang berjumlah 20 siswa pada uji coba produk. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi Teknik analisis data adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Variabel dalam penelitian ini adalah media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom dan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I. Hasil menunjukkan pengembangan media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan 93,75% oleh ahli materi dan 91,67% oleh ahli media. Media ini efektif digunakan dengan uji paired sampel t test diperoleh thitung sebesar -51,080 ≤ nilai −ttabel sebesar -1,729 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan n-gain memperoleh 0,71 kategori tinggi. Simpulan penelitian adalah media powerpoint iSpring Suite 8 berbasiskan local wisdom sangat layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I. Saran agar media dapat diimplementasikan pada pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: iSpring Suite 8; keterampilan membaca permulaan; local wisdom; media powerpoint; pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:46
Last Modified: 01 Nov 2022 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52429

Actions (login required)

View Item View Item