PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MUPEL IPS KELAS VI SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG


Ratna Anggita Hestiana, 1401417139 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MUPEL IPS KELAS VI SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417139 - Ratna Anggita Hestiana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi masyarakat yang bertanggung jawab kepada bangsa dan negara. Data pra penelitian yang dilakukan di SDN Karanganyar 01 Kota Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah serta tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Articulate Storyline dengan model Picture and Picture Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti mengembangkan media Articulate Storyline dengan model Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu teori Borg dan Gall dengan langkah�langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desai, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas VI SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Articulate Storyline dengan Picture and Picture sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentasi penilaian ahli materi sebesar 93,68%, ahli media sebesar 98,47% , dan ahli praktisi sebesar 95,79%. Selain itu media pembelajaran Articulate Storyline dengan Picture and Picture efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t sebesar 6,736 dan peningkatan rata-rata (gain) hasil belajar peserta didik sebesar 26,74. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Articulate Storyline dengan model Picture and Picture sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi karakterstik geografis negara-negara anggota ASEAN. Saran media Articulate Storyline dapat menjadi salah satu alternatife media yang dapat dipilih dan digunakan untuk mendukung pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; media pembelajaran Articulate Storyline
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:41
Last Modified: 01 Nov 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52427

Actions (login required)

View Item View Item