PENGEMBANGAN MEDIA HOPFUN BERBASIS EDUCATION THROUGH ART MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN GEDANGANAK 03 UNGARAN


Alifa Helmaniar, 1401417136 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA HOPFUN BERBASIS EDUCATION THROUGH ART MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN GEDANGANAK 03 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417136 - Alifa Helmaniar v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Matematika di sekolah memiliki peran untuk membantu cara siswa mengembangkan pola pikirannya memecahkan persoalan kehidupan sehari�hari. Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SD Negeri Gedanganak 03 Ungaran didapat melalui wawancara, observasi dan data dokumen menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Matematika di SDN Gedanganak 03, guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif, sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain media pembelajaran dan menguji kelayakan dari media yang dikembangkan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti melakukan pengembangan media Hopfun berbasis Education Through Art pada muatan Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan produk akhir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IIA SD Negeri Gedanganak 03 Ungaran dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk yang meliputi analisis deskriptif dan analisis kelayakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Hopfun berbasis Education Through Art adalah media pembelajaran yang menyajikan aktivitas belajar sambil bermain pada muatan Matematika siswa kelas II SD, dengan menggunakan alat bantu berupa pola pijakan yang mampu membantu meningkatkan keterampilan motorik peserta didik. Media Hopfun berbasis Education Through Art ini mendapatkan kategori sangat layak untuk digunakan dengan menunjukkan hasil persentase sebesar 98,75% dari ahli media dan 95,00% dari ahli materi. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Hopfun berbasis Education Through Art sangat layak digunakan dalam pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung perkalian kelas II SDN Gedanganak 03 dan dapat diujicobakan pada pembelajaran Matematika, serta dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian dalam mengembangakan media pada muatan Matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media; Hopfun, Education Through Art, Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:37
Last Modified: 01 Nov 2022 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52426

Actions (login required)

View Item View Item