ANALISIS KESESUAIAN INSTRUMEN PENILAIAN AKHIR SEMESTER DAN BUKU SISWA DENGAN KURIKULUM 2013
Yusril Yahya Muhaimin, 1401417131 (2021) ANALISIS KESESUAIAN INSTRUMEN PENILAIAN AKHIR SEMESTER DAN BUKU SISWA DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonseia pada awal tahun 2020 mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Penularan yang diidentifikasi terjadi melalui kontak langsung membuat semua kegiatan pendidikan formal dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan penyesuaian kurikulum sehingga. Dalam keterbatasan ini, Buku Siswa menjadi sumber belajar utama. Instrumen evaluasi yang baik harus dapat mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan sebelumnya, instrumen evaluasi harus sesuai dengan materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi dan instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan KI dan KD Kurikulum 2013 yang tertulis dalam Perkabalitbang nomor 018/H/KR/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesesuaian instumen penilaian akhir semester (PAS) dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek kelengkapan materi, (2) kesesuaian instumen penilaian akhir semester (PAS) dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan materi, dan (3) kesesuaian instumen penilaian akhir semester (PAS) dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek kedalaman materi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen PAS tema 3 tahun pelajaran 2020/2021 yang digunakan SDN Kedungsukun 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dan Buku Siswa Kelas V Tema 3 edisi revisi 2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dikembangkan menurut instrumen penilaian buku teks yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) 100% instrumen PAS dari 70 soal dan materi yang terkait sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013 (2) 97% instrumen PAS atau 68 soal dari 70 soal dan materi yang terkait telah menjabarkan substansi minimal fakta, konsep, prinsip, dan teori yang terkandung dalam KD pada KI, dan (3) 95% instrumen PAS atau 67 soal dari 70 soal dan materi terkait memuat dimensi pengetahuan, konseptual, prosedural, dan pemecahan masalah yang mendukung pencapaian kompetensi dasar pada KI-3. Simpulan penelitian ini adalah Buku Siswa dan instrumen PAS cukup sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013. Saran dari penulis sebaiknya sekolah menyediakan lebih banyak sumber belajar dan lebih memperhatikan kesesuaian instrumen penilaian dan materi sehingga hasil penilaian dapat menggambarkan keberhasilan program pembelajaran yang sudah terlaksana.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesesuaian; instrumen penilaian; buku siswa; Kurikulum 2013. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 02:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 02:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52423 |
Actions (login required)
View Item |