HUBUNGAN FASILITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS UNTUNG SUROPATI KABUPATEN BANJARNEGARA


Unik Puji Rahayu, 1401417129 (2021) HUBUNGAN FASILITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS UNTUNG SUROPATI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417129 - UNIK PUJI RAHAYU v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada Kelas IV SDN Di Gugus Untung Suropati Kabupaten Banjarnegara menunjukkan hasil belajar IPS masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan hipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar daintaranya adalah fasilitas dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN Gugus Untung Suropati Kabupaten Banjarnegara; (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Gugus Untung Suropati Kabupaten Banjarnegara; (3) menguji hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; 4) Menentukan besarnya kontribusi antara hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Untung Suropati; 5) Menentukan besarnya kontribusi antara hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Untung Suropati; 6) Menentukan besarnya kontribusi antara fasilitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Untung Suropati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 107 siswa Kelas IV SDN Gugus Untung Suropati Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel fasilitas belajar termasuk dalam kategori kuat, dengan Nilai rhitung>rtabel yaitu 0,684>0,1900, dan berkontribusi sebesar 46,7%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel motivasi belajar termasuk dalam kategori kuat, dengan Nilai rhitung>rtabel yaitu 0,720>0,1900, berkontribusi sebesar 51,9%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa, kontribusi variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat, dengan Nilai rhitung>rtabel yaitu 0,722>0,1900, dan berkontribusi sebesar terhadap hasil belajar sebesar 52,1%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN Gugus Untung Suropati Kabupaten Banjarnegara. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat mengoptimalkan fasilitas belajar yang ada dan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar; hasil belajar; dan motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:26
Last Modified: 01 Nov 2022 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52420

Actions (login required)

View Item View Item