KOLABORASI BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS V SDN 2 BINORONG, KABUPATEN BANJARNEGARA
Linda Tri Istingannah, 1401417128 (2021) KOLABORASI BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS V SDN 2 BINORONG, KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh telah resmi diterapkan dan diberlakukan pada sekolah formal tahun 2020, hal tersebut sangat memberikan dampak terhadap komponen-komponen pendidikan, baik guru, orang tua, dan siswa. Kondisi tersebut perlu diperbaiki dengan mengupayakan kerjasama yang terjalin baik antara orang tua dan dari guru, terlebih terhadap bimbingan belajar kepada siswa, sehingga peneliti melakukan penelitian guna mengulas kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa. Untuk memperjelas arah penelitian, maka peneliti merumuskan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru, dampak positif, dan dampak negatif dari kolaborasi tersebut terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh kelas V SDN 2 Binorong, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana pada penelitian ini diperoleh informasi mengenai keberjalanan kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru kelas V SDN 2 Binorong secara umum sudah terbangun. Aspek kolaborasi yang terbangun terlihat dari penyediaan fasilitas belajar, pemberian pendidikan, dan pemberian motivasi terhadap siswa. 2) Dampak positif kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh kelas V SDN 2 Binorong meliputi : a) terciptanya kebiasaan belajar siswa, b) terbangun ketekunan siswa dalam belajar, b) kebutuhan siswa akan perhatian terpenuhi, d) meningkatnya kemauan siswa untuk belajar. 3) Dampak negatif kolaborasi bimbingan belajar orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh kelas V SDN 2 Binorong meliputi : a) menurunnya kemandirian belajar siswa, b) menurunnya kesadaran siswa untuk belajar. Saran untuk guru, orang tua, dan sekolah yaitu agar meningkatkan kolaborasi bimbingan belajar diantara keduanya yang difasilitasi oleh sekolah guna meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar guru, bimbingan belajar orang tua, motivasi belajar siswa, pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 02:22 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 02:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52419 |
Actions (login required)
View Item |