PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS ANDROID PADA MUATAN IPS MATERI PAHLAWANKU SISWA KELAS IV SDN LANJAN 01


Pratama Riski Adipeni, 1401417035 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS ANDROID PADA MUATAN IPS MATERI PAHLAWANKU SISWA KELAS IV SDN LANJAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 401417035 - Pratama Riski Adipeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Lanjan 01 terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yaitu ATLAS, peta wilayah, RPUL, globe, buku guru dan buku siswa serta belum adanya media yang sesuai untuk penyampaian materi ajar Pahlawanku dan hasil belajar IPS yang belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana cara mengembangkan, kelayakan dan keefektifan media Lift the Flap Book berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengambangkan, menguji kelayakan, menguji keefektifan media pembelajaran Lift the Flap Book berbasis Android dan mendeskripsikan hasil belajar aspek psikomotor siswa setelah menggunakan media pembelajaran Lift the Flap Book berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang dalam penelitian ini melaksanakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Lanjan 01 sejumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, unjuk kerja, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir melalui uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran Lift the Flap Book berbasis Android, sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 96% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 92%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif melalui perolehan rata-rata pretest dan posttest melalui uji N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Pada aspek psikomotor terjadi peningkatan keterampilan mempertunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai kepahlawanan dalam kegiatan sehari-hari dengan nilai rata-rata 88 berkriteria “Sangat Baik”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Lift the Flap Book berbasis Android sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Pahlawanku kelas IV SDN Lanjan 01 Kabupaten Semarang. Saran penelitian dapat menerapkan media Lift the Flap Book berbasis Android pada materi lain dengan memperbaiki komponen media supaya lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, media pembelajaran, Lift the Flap Book, Android, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:25
Last Modified: 01 Nov 2022 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52418

Actions (login required)

View Item View Item