HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RAFFLESIA KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG


SITI MAGHFIROH, 1401417126 (2021) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RAFFLESIA KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417126 - Sitimaghfirah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas V SDN Gugus Rafflesia Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang menunjukkan hasil belajar yang masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran pada saat ini mengalami perubahan yaitu pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal tersebut tentunya berdampak pada penyesuaian gaya belajar siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu pembelajaran daring dan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan pembelajaran daring dengan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan gaya belajar dengan hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan pembelajaran daring dan gaya belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 103 siswa kelas V SDN Gugus Rafflesia Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas), uji hipotesis (analisis korelasi sederhana diikuti uji determinasi, analisis korelasi ganda diikuti uji determinasi, regresi linear sederhana dan regresi ganda). Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran daring dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,542 dan koefisien determinasi sebesar 29,3%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,640 dan koefisien determinasi sebesar 40,9%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran daring dan gaya belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,640, dan koefisien korelasi sebesar 41,0%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran daring dan gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Rafflesia Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Saran dalam penelitian ini yaitu sekolah dan guru diharapkan dapat memperbaiki pelaksanaan pembelajaran daring dan siswa hendaknya dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya agar hasil belajar dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, gaya belajar, pembelajaran daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:19
Last Modified: 01 Nov 2022 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52417

Actions (login required)

View Item View Item