ANALISIS KESESUAIAN SOAL DENGAN KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI KABUPATEN BREBES


Tiara Wulan Junaeri, 1401417122 (2021) ANALISIS KESESUAIAN SOAL DENGAN KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417122 - Tiara Wulan Junaeri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian Tengah Semester dilakukan dengan tes, bagian dari tes yaitu butir soal yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik. Pada kisi-kisi soal terdapat indikator soal yang menjadi acuan untuk penyusunan soal, kesesuaian soal dan indikator pada kisi-kisi merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam pelaksanaan penilaian untuk evaluasi pembelajaran peserta didik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah soal dengan indikator pada kisi-kisi soal Penilaian Tengah Semester genap mata pelajaran Matematika kelas 5 di Kabupeten Brebes sesuai.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesesuaian soal dengan kisi-kisi Penilaian Tengah Semester genap mata pelajaran Matematika kelas 5 di Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa butir soal dan kisi-kisi soal Penilaian Tengah Semester genap mata pelajaran Matematika kelas 5 di Kabupaten Brebes. Teknik analisis dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan analisis isi dengan lembar instrumen yang berbentuk checklist. Hasil penelitian kesesuaian soal dengan kisi-kisi Penilaian Tengah Semester yang dianalisis berdasarkan isi pertanyaan soal dengan indikator pada kisi-kisi dari total keseluruhan 45 soal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal essai, terdapat 21 soal yang sesuai dengan indikator pada kisi-kisi dan 24 soal tidak sesuai dengan indikator pada kisi-kisi, hasil perhitungan persentase menghasilkan 47% soal yang sesuai dengan indikator pada kisi-kisi dan 53% soal yang tidak sesuai dengan indikator pada kisi-kisi. Perseberan level kognitif soal terdiri dari 3 level yaitu, level 1 (C1), level 2 (C2), dan level 4 (C4). Soal yang menggunakan kata kerja operasional yang tergolong dalam level 1 (C1) terdiri dari 5 soal dengan persentase 11%. Soal yang menggunakan kata kerja operasional yang tergolong dalam level 2 (C2) terdiri dari 4 soal dengan persentase 10%. Soal yang menggunakan kata kerja operasional yang tergolong dalam level 4 (C4) terdiri dari 9 soal dengan persentase 20%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang penulis berikan yaitu guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sebelum diujikan dan tim penyusun soal lebih teliti dalam penyusunan soal dan kisi-kisi, soal harus sesuai dengan indikator pada kisi-kisi agar penilaian dapat mengukur kemampuan peserta didik sesuai dengan indikator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesesuaian, penilaian tengah semester, soal, kisi-kisi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:15
Last Modified: 01 Nov 2022 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52416

Actions (login required)

View Item View Item