PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 2 WULUNG BLORA


Yenni Astitik, 1401417121 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 2 WULUNG BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417121 - Yenni Astitik v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN 2 Wulung, Kabupaten Blora, diketahui bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan meringkas siswa khususnya materi meringkas teks eksplanasi masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurang adanya media pembelajaran yang inovatif. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet berbasis kearifan lokal, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media booklet berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa kelas V SDN 2 Wulung, Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). langkah-langkah yang digunakan mengacu pada model pengembangan oleh Borg dan Gall meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji pemakaian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data awal menggunakan Uji normalitas data (shapiro wilk) dan analisis data akhir dengan Uji paired sample t-test dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media booklet berbasis kearifan lokal mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 87,5% dan ahli media sebesar 100%. Sedangkan hasil rata-rata nilai siswa sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) yaitu 55,9 dan setelah mendapatkan perlakuan (posttest) yaitu 77,7 dengan peningkatan rata-rata sebesar 78%. Media booklet berbasis kearifan lokal juga efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi meringkas teks eksplanasi, hal ini terlihat dari perolehan -t hitung (-11,75) < -t tabel (-1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil keterampilan meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan media booklet berbasis kearifan lokal. Sedangkan untuk uji peningkatan rata-rata (N-gain) mendapatkan nilai 0,48 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa, (a) pengembangan media booklet berbasis kearifan lokal menggunakan teori Borg dan Gall, (b) kategori penilaian kelayakan materi dan media sangat layak, (c) media booklet berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk pembelajaran meringkas teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: booklet berbasis kearifan lokal; media pembelajaran; meringkas teks eksplanasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:10
Last Modified: 01 Nov 2022 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52415

Actions (login required)

View Item View Item