ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DENGAN SOAL EVALUASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR


Azhar Annas Wahyudianto, 1401417118 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DENGAN SOAL EVALUASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417118 - Azhar Annas Wahyudianto v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu bagian dalam pembelajaran. Bahan evaluasi pembelajaran terdapat dalam buku siswa, buku siswa dijadikan sebagai acuan untuk membuat soal evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, antara buku siswa dan soal evaluasi harus saling keterkaitan dan terdapat kesesuaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan kesesuaian buku siswa dengan soal evaluasi kelas V sekolah dasar pada tema benda-benda di sekitar kita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Objek dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas v tema “benda-benda di sekitar kita” dan soal evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawncara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dan analisis kajian isi (content analysis). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara buku siswa dengan soal evaluasi ditinjau dari aspek kelengkapan materi, keluasan materi, dan kedalaman materi yaitu dari keseluruhan total 90 soal terdapat 86,6% soal memenuhi aspek kelengkapan dan 13,4% tidak, 80% memenuhi aspek keluasan dan 20% tidak, dan 75,5% memenuhi aspek kedalaman dan 24,5% tidak. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran dari penulis agar guru menganalisis buku ajar terlebih dahulu sebelum menyampaikan materi kepada siswa, agar kekurangan materi yang terdapat pada buku ajar dapat teratasi, sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, sebaiknya juga mempertimbangkan dalam pemilihan soal evaluasi, terkait dengan kesesuaian KD dan materi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesesuaian, buku siswa, soal evaluasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:06
Last Modified: 01 Nov 2022 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52414

Actions (login required)

View Item View Item