ANALISIS MUATAN NILAI KARAKTER BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017


Tiara Wulandari, 1401417117 (2021) ANALISIS MUATAN NILAI KARAKTER BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417117 - Tiara Wulandari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Buku guru dan buku siswa dalam Kurikulum 2013 merupakan media pembelajaran untuk mengembangkan karakter peserta didik. Pengembangan karakter mengacu pada nilai-nilai karakter yang terdapat pada kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dalam standar isi pendidikan dasar dan menengah. Buku guru dan buku siswa hendaknya memuat nilai-nilai karakter serta memiliki kesesuaian muatan nilai karakter. Muatan nilai karakter pada buku guru dan buku siswa dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan muatan nilai karakter buku guru, muatan nilai karakter buku siswa, dan kesesuaian muatan nilai karakter buku guru dan buku siswa SD/MI kelas II SD/MI tema “Keselamatan di Rumah dan Perjalanan” pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Teknik analisis data menggunakan analisis isi menurut Krippendorff yang terdiri dari: unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku guru telah memuat ketujuh nilai karakter, yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri; (2) buku siswa telah memuat ketujuh nilai karakter, yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri; dan (3) muatan nilai karakter buku guru dan buku siswa telah menunjukkan kesesuaian pada subtema 2 “Menjaga Keselamatan di Rumah”, dan subtema 3 “Aturan Keselamatan di Perjalanan”, dan subtema 4 “Menjaga Keselamatan di Perjalanan”, sedangkan ketidaksesuaian terdapat pada subtema 1 “Aturan Keselamatan di Rumah. Nilai karakter yang memiliki kesesuaian yang baik, yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri, sedangkan ketidaksesuaian terdapat pada nilai karakter peduli. Saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya perlu memahami dan menganalisis muatan nilai karakter pada buku teks yang digunakan, penulis buku sebaiknya lebih teliti dan cermat dalam mencantumkan penanamkan nilai karakter pada setiap kegiatan pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebaiknya lebih cermat dan teliti saat membuat maupun melakukan perbaikan pada buku panduan, serta peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menganalisis muatan nilai karakter pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang hendak dikembangkan dapat teridentifikasi dengan jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai karakter, buku guru, buku siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:02
Last Modified: 01 Nov 2022 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52413

Actions (login required)

View Item View Item